Selasa, 24 Februari 2015

Tips Singkat Menyusun Tugas Akhir

Tugas akhir dalam sebuah perkuliahan adalah hal yang mesti dilalui oleh semua mahasiswa. Tugas akhir ini tidak bisa di skip, mesti dijalani dan dilalui. Nah dalam tulisan kali ini, saya mau bahas tips-tips untuk menyusun tugas akhir. Tips ini berguna untuk yang mungkin malas, yang bingung, atau yang perfeksionis dalam menyusun tugas akhir.

Pertama.
Hal pertama yang perlu dilakukan dalam menyusun tugas akhir adalah, menentukan apa yang mau kamu buat. Bukan sekedar menentukan judul tugas akhir, tapi apa sih yang kamu pahami, apa sih yang ingin kamu buat dan berikan sumbangan pikiran. Karena tugas akhir adalah masterpiece kamu, karya terakhir kamu disebuah kampus. Dan sebagai hasil dari yang kamu dapat selama perkuliahan.

Untuk mendapatkan apa yang ingin kamu buat, caranya gampang. Banyak-banyak baca referensi(baik buku atau jurnal), liat contoh-contoh tugas akhir kakak-kakak alumni, dan berdiskusi sama dosen(minta saran dan masukan). Selain itu perhatikan sekitar kamu, banyak hal-hal disekitar yang bisa dijadikan bahan tugas akhir(Lihatlah sesuatu dengan cara berbeda, dengan sudut pandang berbeda).

Kedua.
Buat daftar agenda. Daftar agenda ini sangat penting sekali, untuk membuat diri disiplin. Seperti menentukan waktu riset, mencari permasalahan, progress pengerjaan tiap bab serta bimbingan ke dosen pembimbing. Selain hal tadi, daftar agenda ini penting untuk menekan rasa malas dalam penyusunan tugas akhir.

Bagan penyusunan tugas akhir
Bagan Penyusunan Tugas Akhir
*klik pada gambar untuk memperbesar.


Ketiga.
Banyak-banyak berdoa, membantu teman yang sama-sama nyusun tugas akhir(diskusi bareng dan bantu permasalahan tugas akhir yang dia buat) itung-itung menambah wawasan dan siapa tahu muncul ide untuk tugas akhir kamu(Karena ide tentang tugas akhir bisa muncul tanpa sengaja, bahkan saat tidur pun bisa mimpi tentang tugas akhir :D ). 



Nah, itu tips singkat mengenai penyusunan tugas akhir. Untuk tips lebih detail, nantikan postingan lainnya terkait penyusunan tugas akhir.

Semangat belajar, apapun dan dimanapun.



Categories: , ,

0 komentar:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner