Senin, 06 Juni 2011

Mengenal Object Oriented Programming (OOP)

Halo semua kawan pintar, kali ini kita akan membahas sedikit(kok sedikit, banyakan dunk...hiiiihi) pengertian tentang Object Oriented Programming (OOP) atau Pemrograman berbasis objek. Kita akan bahas tentang, Apa sih Object Oriented Programming itu? Apa saja konsep dari Object Oriented Programming? Lalu bahasa pemrograman apa saja yang mendukung Object Oriented Programming?


Object Oriented Programming itu adalah  sebuah pendekatan untuk pengembangan / development suatu software dimana dalam struktur software tersebut didasarkan kepada interaksi objek dalam penyelesaian suatu proses/tugas. Interaksi tersebut mengambil form dari pesan-pesan dan mengirimkannya kembali antar objek tersebut. Objek akan merespon pesan tersebut menjadi sebuah tindakan /action atau metode

Untuk membuat kawan pintar lebih memahami apa itu Object Oriented Programming, maka mari kita pelajari konsep-konsep apa aja yang menggambarkan Object Oriented Programming itu.


Pertama Encapsulation, adalah penyatuan antara proses-proses yang terjadi dan sejumlah data yang dikelola kedalam suatu bentuk kelompok tertentu. Pengelompokan tersebut adalah dengan dibentuknya suatu obyek secara abstrak (abstraction).

Kedua Abstraction, yaitu dalam mengembangkan perangkat lunak, seorang programmer akan menggunakan atau menciptakan sejumlah obyek dimana obyek tersebut akan ada dan berperilaku pada sistem

Ketiga Inheritance atau pewarisan, adalah merupakan konsep dimana suatu obyek memiliki sejumlah perilaku yang dimiliki oleh obyek lain dalam suatu hirarki tertentu.

Keempat Polymorphism, adalah konsep dimana beberapa obyek dapat memiliki metode yang sama dengan aksi yang berbeda.

Jadi, suatu pemrograman berbasis objek haruslah memiliki konsep-konsep tersebut, bila tidak maka berarti bukan termasuk dalam pemrograman berbasis objek.

Berikut ini bahasa pemrograman yang mendukung OOP antara lain:
  1. Visual Foxpro
  2. Java
  3. C++
  4. Pascal (bahasa pemrograman)
  5. Visual Basic.NET
  6. SIMULA
  7. Smalltalk
  8. Ruby
  9. Python
  10. PHP
  11. C#
  12. Delphi
  13. Eiffel
  14. Perl
Sudah lihatkan bahasa-bahasa pemrograman yang sudah berorientasi objek apa saja. Hem, mungkin kawan pintar merasa aneh, karena sepertinya ada yang kurang. Yapz, Visual Basic 6.0 tidak tercantum dalam list diatas, kenapa VB6 tidak disebut sebagai pemrograman berbasis objek, berikut penjelasannya :

Kekurangan dalam OOP pada VB6,
Teknologi pengembangan perangkat lunak sekarang ini cenderung untuk mendukung pemrograman berorientasi objek atau OOP (Object Oriented Programming). VB6 belum dapat dikatakan sebagai bahasa pemrograman yang bersifat OOP karena belum memiliki fitur inheritance/pewarisan. Inheritance mempermudah pengembangan aplikasi karena pengembang dapat memakai ulang fungsi yang ada tanpa harus menulis kembali kodenya.

Categories:

2 komentar:

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner