Rabu, 27 April 2011

Pengertian Database

Perkembangan pesat komputer saat ini membawa perubahan besar dalam kehidupan manusia. Apapun yang dilakukan saat ini pasti akan berhubungan dengan komputer, salah satu hal yang membuat komputer sangat berguna dan bermanfaat adalah proses input dan output , dimana setiap orang bisa melakukan suatu proses, ataupun menampilkan hasil suatu proses tentunya dengan bantuan software dan hardware, contohnya adalah database.


Sebelumnya mari kita ketahui apa itu Database?Apa manfaatnya?Software dan hardware apa saja yg berhubungan dengan database?.... dan pada tulisan ini, saya hanya ingin menshare tentang 3 hal tersebut.

Ada banyak pengertian database atau basis data menurut beberapa ahli, yaitu:

1. Toni Fabbri dan Schwab, Database adalah system berkas terpadu yang dirancang terutama untuk meminimalkan pengulangan (redundancy) data.Toni Fabbri menambahkan database adalah sebuah sistem file-file yang terintegrasi yang mempunyai minimal primary key untuk pengulangan data.

2. Chou, Database adalah kumpulan informasi yang bermanfaat yang diorganisasikan ke dalam tata cara yang khusus.

3. C.J. Date, Database dapat dianggap sebagai tempat sekumpulan berkas dan terkomputerisasi, jadi system database menurut Date pada dasarnya adalah sistem terkomputerisasi yang tujuan utamanya adalah melakukan pemeliharaan terhadap informasi dan membuat informasi tersebut tersedia saat dibutuhkan. Masih menurut C.J. Date, Database adalah koleksi “data operasional” yang tersimpan dan dipakai oleh sistem aplikasi  dari suatu organisasi.
-  Data input adalah data yang masuk dari luar sistem
-  Data output adalah data yang dihasilkan sistem
-  Data operasional adalah data yang tersimpan pada sistem.

4. Gordon C. Everest, Database adalah koleksi atau kumpulan data yang mekanis, terbagi/shared, terdefinisi secara formal dan dikontrol terpusat pada organisasi.

5. S. Attre, Database adalah koleksi data-data yang saling berhubungan mengenai suatu organisasi enterprise dengan macam-macam pemakaiannya.

Dari beberapa pengertian para ahli tentang database diatas, maka saya pun membuat kesimpulan (yupz, bukan pengertian baru...hehehhe). Kesimpulannya adalah database merupakan sebuah media/tempat yang dibuat dan diatur untuk menyimpan data-data yang saling berhubungan yang nantinya memudahkan dalam hal pencarian atau digunakan sebagai pengambilan keputusan yang bermanfaat bagi para pengguna(organisasi, perusahaan, atau individual).

Oke, kalo bingung dengan kesimpulan saya tersebut , saya persingkat lagi atau inti nya dech. Database adalah Media penyimpanan (dalam hal ini penyimpanan yang berhubungan dengan komputer). Apapun yang anda simpan dikomputer atau media penyimpanan anda, maka itu disebut Database(dalam arti  umum/luas). Nah yang menjadi persoalan, apakah data-data itu anda atur sedemikian rupa atau tidak, bila  tidak maka itu tidak tepat dikatakan sebagai database.


Apa sih manfaat dari database??
-   Anda pasti mempunyai foto, oke kita jadikan foto sebagai contohnya, berapa banyak foto yang anda miliki, foto-foto tersebut mungkin anda simpan di figura, atau Album Foto, lalu setelah beberapa bulan atau tahun, apa yang terjadi dengan album tersebut??masihkah utuh, atau mengalami sedikit kecacatan.
 
-    Anda menyukai lagu, dan memiliki kaset lagu tersebut?? Oke, bila anda memiliki atau suka membeli kaset(dalam hal ini saya anggap anda gemar membeli kaset), berapa banyak kaset yang telah anda beli?Diletakkan dimanakah kaset-kaset anda?Kesulitankah anda mencari Kaset-kaset anda? lalu ketika memutar lagu, apakah mudah untuk memutar lagu yang anda inginkan?

      2 masalah diatas adalah gambaran paling umum yang sering terjadi. Dari 2 hal diatas itu, maka manfaat
database adalah:
-    Menjaga sebuah file agar tetap dalam kondisi yang sama, atau kata lainnya adalah mencegah terjadinya kerusakan data atau file.
-  Meminimalisir space tempat/ruang, dimana sebuah tempat penyimpanan hanya sebesar kotak pensil(hehe...ya istilahnya lah) namun bisa menyimpan beribu, bahkan berjuta-juta data.
-    Memudahkan dalam hal pencarian, yaitu ketika membutuhkan sesuatu  kapanpun, maka data atau file tersebut mudah diakses.



Hardware dan Software apa saja yang berhubungan dengan Database?
Hardware yang digunakan untuk database tentunya sebuah tempat penyimpanan data seperti Flash Disk,Memory Card, atau Hard Disk, bisa juga kalau menggunakan CD, hanya sekali lagi, saya sarankan, media penyimpanan database sebaiknya yang memiliki space penyimpanan besar(dalam bentuk gigabyte, atau bahkan terabyte)

Sementara untuk software, ada banyak sekali software yang bisa digunakan, yaitu;
1.   Perangkat lunak basis data yang banyak digunakan dalam pemrograman dan merupakan perangkat basis data aras tinggi (high level):
-Microsoft SQL Server -Visual FoxPro
-Oracle -Arago
-Sybase -Force
-Interbase -Recital
-XBase -dbFast
-Firebird -dbXL
-MySQL -Quicksilver
-PostgreSQL -Clipper
-Microsoft Access -FlagShip
-dBase III -Harbour
-Paradox -Visual dBase
-FoxPro -Lotus Smart Suite Approach
2.   Selain perangkat lunak di atas, terdapat juga perangkat lunak pemrograman basis data aras rendah (low level), diantaranya:
      -Btrieve
-Tsunami Record Manager 

Oke, demikianlah perkenalan singkat kita mengenai Database, nantinya penjelasan mendalam mengenai
aturan, software dan segala hal tentang database akan dibahas dalam postingan-postingan berikutnya ^_^.

Regards,


Andriansah

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner